Minggu, 09 November 2008

MENGAJARI ANAK BEROLAH RAGA SECARA EFEKTIF

Nancy Bawiling
(free article)

Tidak seperti orang dewasa, kebanyakan anak-anak tidak tertarik pada program olah raga yang terorganisir. Anak-anak lebih memilih kegiatan yang dianggap bebas dimainkan. Jika Anda merencanakan sebuah program olah raga yang rutin dan teratur untuk diminati anak-anak. Mereka membutuhkan pendidikan dan dorongan agar mau bergabung dalam sebuah kebiasaan yang terus menerus.

Berikut ini beberapa tips untuk dan mendorong anak-anak agar menyukai olah raga:

Memiliki tujuan pelatihan yang jelas: Jika Anda mengorganisisir anak-anak untuk melakukan sesuatu secara rutin dan teratur, buatlah tujuan pelatihan yang jelas dalam cara yang sederhana dan mudah dimengerti.

Gunakan instruksi yang singkat dengan gerakan yang tepat: Tunjukkan dan katakan dengan cara yang sederhana dan efektif untuk menyampaikan informasi yang dimaksud.

Pengawasan penuh : Banyak anak kurang percaya pada kemampuan olahraga mereka sendiri dan sangat menghargai pengawasan dan dorongan orang dewasa. Seorang instruktur yang handal dapat memberikan motivasi yang kuat bagi para olahragawan muda.

Bimbingan yang tepat: Pelatihan yang ketat sering menyulitkan para olahragawan muda. Berikan panduan yang tidak bukan mengarahkan mereka menjadi olahragawan berpengalaman yang sukses.

Satu tugas untuk satu kesempatan: Beri anak-anak hanya satu tugas untuk sekali kesempatan agar mereka tidak bingung. Ini akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan melalui masa-masa latihannya.

Kemajuan bertahap: Melangkahlan sedikit demi sedikit dengan olahragawan muda. Jangan mengenalkan tugas/latihan baru sebelum latihan yang pertama dikuasai. Lebih baik membiarkan olahragawan muda belajar cara yang benar untuk dilatih dari pada (tanpa mempraktekannya).

Himbauan positif: Tingkatkan percaya diri mereka dan kepuasan berlatih dengan memberi komentar yang berisi harapan, pujian terhadap perorangan atau menepuk pundaknya. Memberi tahu mereka bahwa mereka telah melakukan latihannya dengan bagus adalah cara terbaik untuk menjaga mereka tetap melakukan latihan dengan baik.

Umpan balik yang spesifik: Anjuran positif adalah jauh lebih berarti ketika memberikan umpan balik yang spesifik. Alasan yang dapat meningkatkan nilai pernyataan yang Anda berikan padanya.

Ajukan pertanyaan dengan hati-hati: Anak-anak mungkin enggan memberikan keterangan dalam memilih latihan olah raga yang benar. Cobalah ajukan pertanyaan yang membutuhkan lebih dari sekedar jawaban “ya” dan “tidak”.
Perbincangan sesudah dan sebelum latihan: Manfaatkan sedikit waktu sebelum dan sesudah latihan untuk berbincang dengan anak-anak. Ini akan memberi Anda wawasan mengenai apa yang membuat mereka benar-benar menyukainya.

Tidak ada komentar: